Pengertian warna RGB dan CMYK

Warna CMYK

kartu nama

CMYK adalah singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-Black dan biasanya juga sering disebut sebagai warna proses atau empat warna. CMYK adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Jadi untuk mereproduksi gambar sehingga dapat dicapai hasil yang (relative) sempurna dibutuhkan sedikitnya 4 Tinta yaitu: Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Keempat tinta tersebut disebut Tinta / Warna Proses. Tinta Proses adalah tinta yang dipergunakan untuk mereproduksi warna dengan proses teknik cetak tertentu, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress atau sablon. Berbeda dengan Tinta yang hanya digunakan satu lapisan (single layer), karena tinta yang digunakan dapat ditumpuk-tumpuk, maka sifat tinta proses harus memenuhi standard tertentu.

Warna RGB

kartu nama

RGB adalah singkatan dari Red - Blue - Green adalah model warna pencahayaan (additive color mode) dipakai untuk "input devices" seperti scanner maupun "output devices" seperti display monitor, warna-warna primernya (Red, Blue, Green) tergantung pada teknologi alat yang dipakai seperti CCD atau PMT pada scanner atau digital camera, CRT atau LCD pada display monitor.
Apabila (Red - Blue - Green) ketiga warna tersebut dikombinasikan maka terciptalah warna putih inilah mengapa RGB disebut ''additive color" atau bahasa kerennya "warna pencahayaan". Warna RGB merupakan prinsip warna yang digunakan oleh media elektronik seperti televisi, monitor komputer, dan juga scanner. Oleh karena itu, warna yang ditampilkan RGB selalu terang dan menyenangkan, karena memang di setting untuk display monitor, bukan untuk cetak, sehingga lebih leluasa dalam bermain warna.

7 Response to "Pengertian warna RGB dan CMYK"

  1. Sri Kuncoro Says:

    Blognya Mntabs banget ...

  2. an_andank Says:

    sip bang sangat membantu terimakasih

  3. Ardhitya Lingga Says:

    thanks infonya gan

  4. Ardhitya Lingga Says:

    thanks infonya gan

  5. Saka Hayang Says:

    ahh ini mah sih di modul juga ada

  6. Unknown Says:

    mantap gan penjelasannya singkat padat tapi jelas. makasih gan

  7. sir. aight Says:

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar