Cara mengatasi komputer loading lambat

  Komputer loading lambat bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai permasalahan software hingga hardware. Kerusakan pada sektor software biasanya dalam kebanyakan kasus hal tersebut disebabkan oleh kinerja virus atau aplikasi yang tidak terinstal dengan sempurna sehingga mengakibatkan adanya gangguan pada system.Kerusakan pada sektor hardware yang menyebabkan lambatnya loading computer juga seringkali kita jumpai, hardisk bermasalah (bad sector), kipas CPU sudah waktunya diganti, RAM berdebu dan lain sebagainya. Untuk memastikan apa sebenarnya pemicu lambatnya loading computer, anda harus melakukan langkah-langkah diagnosa terlebih dahulu.

Cara untuk mengetahui penyebab komputer loading terlalu lambat sebenarnya sangat mudah. Cek fisik hardware, jika tidak ditemukan indikasi kerusakan apapun, maka bisa diapastikan bahwa sektor software lah yang sebenarnya bermasalah. Kerusakan pada soktor software sangat kompleks sekali, jadi anda harus melakukan pengecekan secara teliti.
Cara untuk mengatasi komputer loading lambat, beberapa hal yang bisa anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut :
1.Lakukan pengecekan pada komponen perangkat keras (hardware)
2.Pastikan tidak ada indikasi kerusakan pada salah satu atau beberapa hardware, jika anda menemukan hardware yang bermasalah silakan lepas hardware tersebut dan lakukan perbaikan atau menggantinya.
3.Nyalakan komputer anda kemudian lakukan pengecekan ke semua partisi hardisk (C, D, F, dst). Pastikan bahwa tidak ditemukan adanya indikasi infeksi virus (data hilang, banyak shortcut, dll ). Jika anda mendapati ada indikasi infeksi virus lakukan scanning dengan antivirus yang up to date. (membersihkan komputer dengan antivirus out of date tidak ada gunanya sama sekali).
4.Tekan tombol keyboard Ctrl + Alt + Del. Gulir ke tab Performance , perhatiakan CPU Usage dan PF Usage. Jika tidak banyak proses yang sedang berjalan tetapi CPU Usage dan PF Usage menunjukkan Usage terlalu tinggi, maka kemungkinan besar komputer anda terjangkiti virus.
5.Lakukan pembersihan komputer anda hingga ke semua disk space dengan antivirus berkemampuan bagus, seperti Kaspersky, AVG, Norton, dll.
6.Setelah menempuh beberapa langkah diatas dan komputer tidak kunjung normal, maka saya merekomendasikan anda untuk menginstal ulang Windows/Os PC anda. (Sebelum memutuskan untuk melakukan instasali ulang Windows, pastikan anda sudah mengecek semua komponen hardware secara teliti).
Note:
Jika komputer anda memiliki spesifikasi hardware terlalu rendah dan anda menggunakannya untuk membuka aplikas/program yang terlalu berat, maka komputer anda secara otomatis akan mengalami loading berat karena tidak ada keseimbangan antara besaran RAM/memori yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut dengan RAM yang terpasang pada CPU. 
Beberapa aplikasi/program yang membutuhkan space RAM banyak diantaranya, program designer (Corel, Photoshop, Autocad, dll).

0 Response to "Cara mengatasi komputer loading lambat"

Posting Komentar