Multimedia

    Multimedia diambil dari kata multi dan media. multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks,grafik,suara,video, dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi itu tersaji dengan lebih menarik. Dalam multimedia penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan suatu teks,suara,gambar,animasi,dan video dengan alat bantu (tool) dan (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,berinteraksi,berkarya dan berkomunikasi.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan,multimedia digunakan sebagai media pengajaran,baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis ,multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan,profil produk,bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Bidang-bidang yang dipelajari dalam Multimedia :
 a.Teknik merakit sebuah komputer1.Letakkan motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dengan permukaan yang lembut agar motherboard tidak tergores atau putus jalur komponennya.

2.Pasang processor pada motherboard. Pemasangan processor usahakan diluar cassing agar memudahkan anda dalam pemasangan processor tersebut. Pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard yang digunakan.

3.Setelah prosessor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas processor


 .

4.Pasang RAM pada slot RAM yang tersedia pada motherboard.Pemasangan RAM pada slot harus mengikuti aturan karena apabila terjadi kesalahan dalam pemasangan dapat membuat RAM dan motherboard rusak atau terbakar.


5.Siapkan cassing untuk pemasangan semua komponen yang sudah di sediakan.
6.Setelah menyiapkan casing pasanglah catu daya atau power supply seperti gambar dibawah ini!



7.Setelah itu masukkan motherboard pada cassing secara perlahan agar motherboard tidak rusak.Pada saat pemasangan motherboard, perhatikan konektor mouse, keyboard, serial, vga dan sound agar terpasang dengan panel yang terdapat pada cassing dengan benar.


8.Kemudian bautlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang.
9.Dicontoh ini kita mengunakan motherboard yang sudah dilengkapi dengan VGA, Sound Card, dan LAN Card yang sudah menjadi satu dalam motherboard. Komponen yang sudah menjadi satu dengan motherboard disebut dengan komponen ON BOARD.

10. Setelah itu pasanglah CD ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan.

11. Kemudian bautlah CD ROM yang telah terpasang tadi dangan raknya agar tidak goncang. Kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada motherboard.

12. Pasanglah harddisk pada  rak yang terdapat pada casing dengan perlahan agar harddisk tidak terbentur. Karena komponen harddisk ini sangat rawan tehadap goncangan.kemudian baut dengan kencang agar tidak goyang.

13. Setelah harddisk terpasang kemudian pasanglah kabel data atau kabel ATA harddisk pada motherboard

dan pada harddisk itu sendiri.

14. Pasang konektor power supply pada tempatnya pada konektor yang terdapat di motherboard.(perhatian: jika pemasangan ini salah maka akan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada motherboard.)

15. Kemudian tancapkan konektor power / restart / hdd lad / power lad dan lain-lain pad konektor yang terdapat di motherboard. seperti gambar berikut.



16. Setelah kita selesai merakit semua komponen maka perakitan tersebut harus kita uji apakah perakitan ini berhasil atau tidak. Dengan cara hidupkan komputer bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil. Bika tidak dapat BOOTING, berarti perakitan belum sempurna, Maka harus disempurnakan bila ingin menginstal Sistem Operasi.Cara meyempurnakannya dengan cara cek kembali semua komponen yang telah dipasang.
b.Animasi 2D&3D
 Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak,bila kita proyeksikan akan terlihat seolah-olah hidup (bergerak),seperti yang pernah kita lihat film-film kartun di telivisi maupun dilayar  lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diproyeksikan menjadi bergerak.
Jenis animasi ada 2 yaitu 2D dan 3D,perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y,sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x,y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata.
1.Animasi 2D (2 Dimensi),Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Memang, film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali yang di TV.
2.Animasi 3D (3 Dimensi),Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya.
                                                                                 
c.Editing video
Video editing adalah suatu proses memilih atau menyunting gambar dari hasil shooting dengan cara memotong gambar ke gambar (cut to cut) atau dengan menggabungkan gambar-gambar dengan menyisipkan sebuah transisi. Pada proses editing, gambar tidak cukup hanya digabung-gabungkan begitu saja. Banyak sekali variabel yang harus diketahui dalam proses editing, misalnya : camera angle, cameraworks, jenis shoot, motivasi, informasi, komposisi, sound, dan continuity.
d. Teknik pengambilan gambar
  Untuk lebih memahami pengertian pengambilan gambar, sebelum itu kita harus memahami juga sedikit tentang pengertian sebuah fotografi. Dalam kamus bahasa Indonesia pengertian fotografi adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film. Pendek kata, penjabaran dari fotografi itu tak lain berarti "menulis atau melukis dengan cahaya".

HAL POKOK DALAM TEKNIK FOTOGRAFI
  1. pencahayaan
  2. aspek komposisi
  3. sudut pandang kamera
  4. kontras yang tajam
1.PENCAHAYAAN
Dalam teknik fotografi pencahayaan sangatlah penting. karena dalam fotografi object yang di ambil harus terkena cahaya agar dapat di ambil gambarnya. pada dasarnya object yang difoto oleh kamera adalah cahaya.   ada 4 macam pencahayaan
.
.
2.ASPEK KOMPOSISI
  1. komposisi merupakan susunan dari berbagai object dalam gambar sehingga kehadirannya dapat membangun ataupun mengacaukan sebuah gambar.
  2. komposisi merupakan perpaduan antara : posisi, proporsi, garis dll.
  3. komposisi harus selalu memperhatikan : bentuk, peletakan posisi object, diagonal yang dinamis, dan kesederhanaan.
.
.
3.SUDUT PANDANG
sudut pandang dalam teknik fotografi ataupun pengambilan gambar dirangkum menjadi 3 jenis, yaitu:
  1. bird eye view : sudut pada saat mengambilan gambar dari posisi atas object. sehingga menampilkan pola serta detail pada object yang sedang beraktifitas.
  2. frog eye view : sudut pada saat mengambilan gambar dari posisi bawah object. sehingga menampilkan kesan bahwa object  lebih besar.
  3. straight eye view : sudut pada saat mengambilan gambar lurus pada object. sehingga object yang terlihat lebih nature, apa adanya dan tanpa distorsi.
.
.
4 KONTRAS
       dalam teknik pengambilan gambar kontras sangatlah dibutuhkan karena kontras dapat menetukan perbedaan posisi object dan latar belakang. kontras akan membuat object terpisah dengan latar belakangnya.
foto yang diambila akan lebih kuat dengan object utama yang lebih menonjol dari latar belakangnya.

0 Response to "Multimedia"

Posting Komentar